TUGAS 3
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Judul :
Proposal AnakKampus.com
Kelompok 4 :
Aziz Sudrajat
Agung Kuncoro
Twin Edo
M ihsan K
M Faisal
Rajiv H
Febrianus Jannes
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Setiap siswa-siswi atau wali
siswa-siswi yang hampir menjelang kelulusan di Sekolah Menengah Atas (SMA)
pasti sudah hampir mempersiapkan dirinya atau anaknya untuk memasuki jenjang
Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta. Pada persiapan tersebut banyak dari wali
siswa / i atau siswa / i kurang mendapatkan informasi mengenai universitas di
indonesia Perguruan Tinggi Negri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
Dengan ada nya informasi bebasis
website yang akan dibangun ini, penguna tidak kesulitan untuk mendapatkan
informasi mengenai universitas di Indonesia, agar pendidikan anda atau anak
didiknya terarah melihat kualitas informasi universitas dan kemampuan anak nya
terhadap fakultas yang cocok. Mengetahui informasi fakultas terbaik yang di
tuju dalam mengetahui informasi.
1.2. Batasan Masalah
Pada pembangunan informasi anak
kampus, hanya berupa informasi seputar PTN dan PTS, dan terdapat fitur jual
beli yang dapat di manfaatkan anak kampus maupun alumni untuk barang yang tidak
terpakai setelah lulus atau sudah tidak ingin dimiliki, semua di atur dalam
kategori yang lebih rinci.
Fitur jual beli dapat memberikan
pengetahuna bagi calon mahasiswa, apa saja yang dibutuh kan sebelum menjasi
mahasiswa resmi. Peralatan seperti untuk di kos tempat tinggal atau elektronik
seputar leptop dan perangkat keras leptop dan keperluan lain nya.
1.3. Rumusan Masalah
Pembangunan aplikasi informasi
berbasis website menginformasikan data PTN dan PTS dan terdapat Forum jual
beli.
1.4. Tujuan
Calon mahasiswa, wali calon
mahasiswa, atau pun alumni dan mahasiswa mendapatkan informasi seputar kampus,
dan dapat menyalurkan kepemilikan dalam peralatan kepada yang membutuhkan.
1.5. Sasaran
Pada
pembanguna informasi anak kampus ini memiliki target yaitu kepada calon
mahasiswa, wali calon mahasiswa, mahasiswa dan alumni.
BAB II
PEMAHAMAN UMUM
2.1. Analisis Masalah
Dalam kehidupan informasi adalah
suatu karya yang sangat mahal harga nya, seseorang dapat melangkahi batas orang
lain karna informasi yang lebih dalam yang dimiliki nya. Padangan pembangun
informasi anak kampus ini, melihat di sekitar lingkungan dan yang di rasakan
sebelum memasuki jengjang Perguruan Tinggi.
Kekurangan infromasi sebelum
memasuki rana Perguruan Tinggi, kemungkinan tinggi setiap calon mahasiswa,
salah memasuki jurusan dan salah memilih jurusan yang selaras dengan akreditasi
yang baik pada Universitas yang ingin di tuju dalam pendidikannya.
Pada kehidupan pengetahuan adalah
gol utama pada karakter hidup, life style di ketahui dalam pengelihatan pada
lingkungan, gaya hidup akan berubah berdasarkan lingkungan. Apabila seseorang
tau mengenai lingkungan baru yang akan di jumpai, ia akan mempersiapkan nya.
2.2. Solusi yang ditawarkan
Memberikan informasi sedetail
mungkin dan User Interface (UI) yang menarik agar pengunjung menyukai nya, dan
penggantian UI beskala agar pengunjung website tidak bosan. Dalam pembangunan
User Experience (UX) tidak sulit untuk dilakukan oleh user, karna target dalam
project ini masuk ke dalam rana orang tua atau wali dari calon mahasiswa.
BAB III
PERENCANAAN DAN PELAKSAAN
3.1. Biaya Proyek
Pembangunan
informasi AnakKampus.com ini membutuhkan Front-End website Developer, Back-End
website Developer, Android Programmer, Ios Programmer.
Bagian
|
Biaya
|
Front-End website Developer
|
Rp. 4.000.000
|
Back-End website Developer
|
Rp. 6.000.000
|
Android Programmer
|
RP. 5.000.000
|
Ios Programmer
|
Rp. 6.500.000
|
Jumlah pengeluran adalah RP 21.500.000 sementara.
3.2. Jadwal Proyek
Waktu dalam pembangun estimasi akan
selesai dalam waktu 2 bulan, akan di rancang mengunakan tahapan SDLC dengan
model incremental agak pembanguna bisa cepat dan terdapat kalender timeline
untuk mengetahui waktu pelaksanaan, Apabila ada penambahan fitur, akan di tahan
terlebih dahulu, mengikuti rancangan awal terlebih dahulu.
3.3. Tim Pelaksana
Terdapat
tim dalam pembangunan yaitu Front-End website Developer, Back-End website
Developer, Android Programmer, Ios Programmer.
BAB IV
DESIGN ATAU PERANCANGAN
4.1. Pengumpulan Data
Pada pengumpulan data mengunakan 3
cara yang akan dilakukan yaitu dengancara observasi, wawancara dengan pihar
terkait dan koesioner. Pengumpulan data terlebih dari mengetahui kelebihan dan
kekurangan dari suatu Perguruan Tinggi, menentukan Perguruan Tinggi terbaik PTN
dan PTS. Memberikan informasi Universitas favorit setiap tahun nya.
Melakukan observasi ke beberapa
kampus apabila kekurangan informasi dari kampus tersebut, dan memalukan wawanca
pada pihak penerimaan mahasiswa di kampus tersebut, dan melakukan koesioner
terhadap mahasiswa yang sudah berkuliah di kampus tersebut agar mendapatkan
data yang diharapkan.
4.2. Perancangan Alur Aplikasi atau Alur
Sistem
Terdapat user dan admin dalam
pengunaan aplikasi informasi AnakKampus.com ini, User terbagi menjadi
mahasiswa, calon mahasiswa, wali mahasiswa dan alumini. Penjelasan Alur
Aplikasi di visualisasikan dalam Usacase Diagram pada Gambar dibawah ini

Gambar
: Usecase Dagram AnakKampus.com
4.3. Perancangan Database
Terdapat
beberapa table dalam pembangunan ini yaitu tbl_user, tbl_barang, tbl_informasi
dan tbl_admin, terdapat pada gambar di bawah ini yang di visualisasikan dalam
Class Diagram.
Gambar : Class Diagram AnakKampus.com
4.4. Perancangan User
Interface (Mockup)
Terdapat
beberapa tampilan yang sudah di rancang pada pembangunan ini, perhatikan gambar
dibawah ini. Perancangan di visualisaikan mengunakan Gambar.
Pertama adalah rancangan Logo AnakKampus.com
Gambar : Logo
AnakKampus.com
Kedua adalah racangan tampilan Home pada tampilan website
Gambar : Tampilan
Home AnakKampus.com
Ketiga adalah Tampilan Forum pada AnakKampus.com
Gambar : Tampilan
Forum pada AnakKampus.com
Gambar : Tampilan Isi
Forum AnakKampus.com
Gambar : Tampilan
Forum Jual Beli AnakKampus.com
Gambar : Tampila
Footer AnakKampus.com
Sekian dari kelompok 4, terima kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar